Indikator
  • USD → IDR Jual: 13,338 • USD → IDR Beli: 13,352
  • EUR → IDR Jual: 14,126 • EUR → IDR Beli: 14,145
  • HKD → IDR Jual: 1,718 • HKD → IDR Beli: 1,720
  • JPY → IDR Jual: 117 • JPY → IDR Beli: 117
  • AUD → IDR Jual: 10,210 • AUD → IDR Beli: 10,226
  • SGD → IDR Jual: 9,371 • SGD → IDR Beli: 9,387
  • Emas Jual → 548,000 • Emas Beli → 523,000
  • Perak Jual → 10,900
  • Update Tanggal 07-03-2017

Tak Boleh Asal, Ini Cara Konsumsi Zat Besi

Home / Kesehatan / Tak Boleh Asal, Ini Cara Konsumsi Zat Besi
Tak Boleh Asal, Ini Cara Konsumsi Zat Besi ILUSTRASI. Sayur sumber zat besi. (Foto: parentmap.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mengonsumsi makanan mengandung zat besi, terutama yang berasal dari nabati seperti sayuran dan kacang-kacangan ternyata punya cara tersendiri agar tak menghambat saluran cerna. 

"Sayur dan kacang-kacangan mengandung serat yang dapat menghambat saluran cerna. Makanan ini sebaiknya diberikan dalam jumlah kecil dan dikombinasikan dengan sumber vitamin C," ujar spesialis nutrisi dan penyakit metabolik dari RSCM, Dr dr Damayanti R Sjarif SpA(K), di Jakarta, Senin (31/7/2017).

Sumber vitamin yang bisa dikombinasikan misalnya tomat atau jeruk. Dua jenis buah ini bisa membantu penyerapan zat besi. Makanan seperti gulai daun singkong ditambah ikan teri, air jeruk dan tomat bisa menjadi pilihan. 

Selain dikombinasikan, Damayanti mengatakan kacang-kacangan sebaiknya direndam atau difermentasi dulu sebelum direbus atau diolah agar bisa diserap tubuh dengan baik. 

Zat besi berperan penting dalam kesehatan salah satunya fungsi kognitif seperti berpikir dan IQ seseorang. Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan pertumbuhan saraf terganggu, berpikir lama, dan dalam jangka waktu yang lama IQ bisa turun. (*)

Berita Terkait

Komentar

301 Moved Permanently

Moved Permanently

The document has moved here.

Terpopuler

Top
Wawanita.com satriamedia.com